WeLcome To My BLog

My self

Foto saya
Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia

Jumat, 27 November 2009

Robot Humanoid Jadi Tren di Jepang

Lupakan Transformer dan Astroboy. Robot terbaru buatan Jepang tak lagi bertugas menyelamatkan dunia. Kini mereka bertugas memasak makanan, bermain dengan anak-anak, menjadi model peraga pakaian, dan mencari korban bencana alam.

Pada pameran robot internasional yang digelar minggu ini, lebih dari 192 perusahaan dan 64 organisasi dari berbagai negara berlomba memamerkan karya robot terbaik mereka. Untuk Jepang sendiri, agaknya robot humanoid mendominasi sebagian besar karya cipta para ahli negeri Sakura tersebut.
Belakangan ini, para ahli robot di Jepang memang tengah gencar menciptakan robot humanoid. Bisa dibilang, robot dengan kemampuan mirip manusia kini tengah menjadi tren di dunia pengembangan robot di Jepang.

"Ini sangat lezat, silahkan dinikmati," ujar sebuah robot kreasi Yaskawa Electric saat menyajikan makanan kepada para pengunjung yang hadir.

Robot-robot lainnya ada yang memiliki kemampuan merawat manula, memasak nasi dan mie, membacakan buku cerita untuk anak-anak, memotong sayuran dan lain sebagainya.

Salah satu robot yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah robot pembuat Okonomiyaki atau kue dadar bernama Motoma. Robot ini sebelumnya sudah pernah dipublikasikan ke publik. Namun nampaknya para pengunjung tak bosan melihatnya. Mereka begitu terkesan melihat penampilan Motoman yang cekatan mengolah Okonomiyaki dan menyajikannya kepada para pengunjung.

SUMBER:okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bwt loe-loe yank mo kasih comment yuk issi selengkapnya disini...