WeLcome To My BLog

My self

Foto saya
Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia

Sabtu, 23 Mei 2009

CARA KERJA INTERNET

Bagaimana mengirim file ke temen anda lewat email? Pertama, pilih file terus dikirim lewat fasilitas internet komputer anda. Protokol Pengendali Pengiriman (Transmission Control Protokol=TCP) /Protokol Internet (Internet Protokol=IP) menyiapkan data yang akan dikirim dan diterima. TCP/IP memastikan bahwa jaringan komputer Macintosh bisa saling bertukar data dengan jaringan komputer Windows atau jaringan komputer Unix.

Proses pengiriman ini jangan dibayangkan seperti kita mengirim paket lewat Pos/TIKI. Paket yang anda kirim lewat email akan dibongkat oleh Protokol TCP/IP yang akan memberi label dengan alamat tertentu atau dengan alamat IP komputer temen anda dan membungkus dalam paket-paket yang terpisah serta dikirimkan melalui jalur yang berbeda pula, tergantung bungkusan paketnya. Karena itu, paket-paket yang terpisah tersebut akan sampai ke temen anda dalam waktu yang tidak sama.

Begitu semua paket sudah diterima oleh komputer teman, maka petugas TCP/IP komputer temen anda bekerja kembali menyusun paket2 itu menjadi utuh seperti semula. Proses demikian berlangsung dalam hitungan milidetik.

Paket-paket tersebut kemudian dikirim dari satu "router" ke ”router” berikutnya. Setiap router membaca alamat IP dari paket dan memutuskan jalur yang tercepat. Karena lalu lintas di jalur ini selalu berubah maka masing-masing paket akan dikirimkan dengan cara yang berbeda-beda pula.

(PUSTAKA : ROUTER, dalam bahasa sehari-hari adalah jalur perjalanan yang dilintasi penumpang. Apakah penumpang akan pake Pesawat, Bis, Kereta Api, atau sepeda onthel, tergantung situasi yang dihadapi)

Anda bisa menemukan lintasan-lintasan yang dilalui antar router, dengan menggunakan fasilitas TRACEROUTE. Gunakanlah search engine (mesin pencari) Anda, ketik "traceroute" untuk menemukan berbagai situs Web hosting ini.


















Juga, periksa Laporan Lalu Lintas Internet (ITR=Internet Traffic Report) untuk mengetahui tingkat kesibukan lalu lintas Internet yang ada saat ini. Mana jalur yang lancar, mana jalur yang cenderung macet.

Informasi ini mungkin tidak berguna untuk Anda ... tetapi menarik!

Laporan Lalu Lintas Internet (ITR) memonitor aliran data di seluruh dunia. Ia kemudian menampilkan nilai antara nol dan 100. Semakin tinggi angkanya, menunjukkah bahwa sambungan (jalur) ini dapat diandalkan karena perjalanan akan lebih lancar.

Sekarang kita tahu bagaimana cara kerjanya. Mari kita cari tahu bagaimana caranya online!

[...PUSTAKA : ONLINE artinya ”dalam jalur”. Bayangkan anda sedang mengendarai mobil di jalan raya yang sibuk. Maka ONLINE, bayangkan mobil anda adalah Komputer dan Internet. Sekarang anda mengendarai ’mobil unik ini’ di jalan raya internet dunia. GO ONLINE! Ayo ngebut... di jalur internet....]
........sambung ke internet 4

sumber:http://djwandy94.multiply.com/journal/item/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bwt loe-loe yank mo kasih comment yuk issi selengkapnya disini...